Mengajar kelas Strategic Management, 21 April 2013


Mengajar strategic management for entrepreneur

Mengajar strategic management for entrepreneur

Semalam adalah jadwal mengajar di kelas GIMB Entrepreneur School setelah liburan hari raya Idul Fitri 1432 H selama hampir tiga minggu. Kelas pertama yang membahas tentang strategic management yang benar-benar sangat diperlukan oleh para entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnis mereka kedepannya.

Materi ini menjadi sangat penting karena para entrepreneur yang saya temui, jarang mendapatkan pengetahuan tentang strategic management. Sementara, bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur tidak bisa dilepaskan dari lingkungan bisnis yang jelas sekali selalu berubah, tidak pasti dan sedang mengalami turbulensi sehingga akan sangat berpengaruh kepada bisnis para entrepreneur.

Disinilah kata kunci yang menjadi dasar kenapa setiap entrepreneur perlu memahami strategic management dalam menjalankan bisnis mereka. Materi semalam, dimulai dengan mengajak para siswa untuk melihat fenomena yang terjadi saat ini yaitu melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar amerika yang sudah sampai Rp. 11.000/dolar Amerika.

Hal ini benar-benar berpengaruh kepada bisnis khususnya tkarena erhadap penurunan daya saing produk dari para entrenrepreur. kesadaran akan kondisi ini sangat penting karena diharapkan para entrperneeur akan membuat langkah-langkah strateig buat bisnis mereka agar tidak bisa mencapai keuntungan dari bisnis yang mereka jalankan.

Kegagalan entrepreneur dalam melihat perubahan lingkungan dengan pelemahan rupiah ini akan memaksa bisnis para entrepreneur menjadi terganggu. ini yang seringkali terjadi pada para entrepreneur saat ini. mereka terlambat mengambil tindakan antisipasi atas perubahan lingkungan bisnis tersebut. inilah awal berfikir strategic bagi para entepreneur.

Kemudian, dibahas tentang konsep strategy dan strategic yang harus dilihat secara jelas agar tidak salah dalam menggunakan bagi bisnis tersebut. strategic lebih menekankan kepada proses berfikir untuk mendapatkan strategi. Adapun strategy, lebih menekankan keputusan yang terbaik yang diambil oleh para entrepreneur. Keputusan tersebut harus benar-benar memberikan value yang optimal bagi bisnis mereka.

Kemudian, juga dibahas tingkatan dari strategi yaitu level korporat, level bisnis dan level fungsional. setiap level ini saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. ini penting untuk dipahami agar tidak salah dalam menerapkan strategi.

Dalam pembahasan dikelas semalam, banyak juga dibahas kasus-kasus yang dihadapi oleh para siswa sehingga terjadi interaksi antara saya dan siswa. menyenangkan sekali kelas semalam. semoga mereka bisa memahami dan menghayati serta memanfaatkan dalam mengelola dan menjalankan bisnis tersebut. sukses ya anak-anak..

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 22, 2013, in Strategic Management and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. purwatiwidiastuti

    sll bertindak strategis juga khaan

  2. pastinya… setelah berfikir strategis, kita harus bertindak strategis…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: