10.000 JAM TERBANG


IMG_8127Semalam, dalam kelas GIMB tentang strategic management, benar-benar membuat ingatan saya kembali ke pada satu buku yang menekankan bagaimana pengembangan diri dalam bisnis, khususnya buat para entrepreneur. kalimatnya sederhana sekali karena kalimat ini sering diungkapan oleh para pilot ataupun orang-orang yang berkecimpung dengan dunia penerbangan.

Apa itu? Sudah kah anda memiliki 10.000 jam terbang? Kenapa demikian? Dalam buku tersebut dijelaskan bagaimana setiap orang harus benar-benar tahu, paham, menghayati dan mengamalkan apa yang mereka kerjakan.

Konsep ini relevan dengan diskusi semalam karena ada siswa yang ingin melakukan ekspansi bisnis, khususnya ekspansi yang unrelated atau bisnis yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis mereka saat ini.

Saya mengingatkan bagaimana bisnis tersebut harus benar-benar sudah bisa memiliki sistem manajemen yang kuat dan bila kita tidak ada, akan tetap berjalan seperti yang seharusnya bisnis bila kita ada disana. Disinilah konsep 10.000 jam terbang ini saya umpamakan.

Dari konsep ini, jelas sekali kita harus benar-benar profesional dengan bisnis kita. saya selalu mengingatkan, jangan hanya jadi seorang entrepreneur, akan tetapi, jadilah pebisnis, manajer, ahli strategi, manajer keuangan, pemasaran, operasi dan sdm bagi bisnis kita. ini membutuhkan lebih dari 10.000 jam terbang dalam bisnis tersebut. pasti nanti berhubungan dengan waktu yang tidak sebentar.

Dengan hal ini, saya merasakan, memang pada akhirnya, bila teman-teman sudah belajar strategic management, bisnis dan manajemen itu lebih menekankan sebagai art/seni daripada knowledge yang dipelajari.

Sukses ya hari ini……

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 22, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: