FOKUS DAN LAKUKAN PERBAIKAN SERTA MENJADI YANG TERBAIK


Mengajar....

Mengajar….

Dalam satu buku yang berjudul Guide to great, saya mendapatkan satu kalimat yang rasanya perlu saya bagikan kepada teman-teman semua. Kalimat yang perlu juga kita renungkan karena memang memiliki makna yang sangat mendalam, khususnya buat kita sebagai entrepreneur. Kalimatnya sederhana, akan tetapi berdampak luar biasa.

Dalam buku tersebut, dijelaskan bagaimana kita fokus dan melakukan perbaikan serta menjadi yang terbaik. Ada tiga kata kunci yang disampaikan dalam kalimat ini untuk menjadi seseorang yang great. pertama, fokus. itu kata kunci yang pertama. konsep fokus tentu jelas bagaimana kita benar-benar hanya berfikir dan melakukan segala sesuatu berdasarkan tujuan yang sudah ditetapkan.

Memang, dasar yang pertama adalah bagaimana setiap entrepreneur concern kepada tujuan yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur tersebut. fokus kepada pencapaian tujuan. Oleh karena itu, tujuan harus benar-benar kita definisikan dengan baik. Dalam konteks Balanced score card, akan jelas penjelasan tujuan (objecitve) dan harus diturunkan kedalam indikator dan target. jadi jelas sekali objective tersebut tidak bersifat umum.

kedua adalah melakukan perbaikan terus menerus. berulang kali diulas dalam tulisan ini bagaimana membuat perbaikan terus menerus yang seringkali dikenal dengan Kaizen. ada konsep dasar yang ditekankan disini, yang pastinya teman-teman sudah mengenal konsep tersebut. apa itu? PDCA atau yang lebih dikenal dengan plan, do, check, action. kata kunci disini adalah bagaimana melakukan check atau evaluasi atas setiap capaian yang sudah didapatkan.

terakhir adalah bagaimana menjadi yang terbaik. Saya menjadi teringat dengan konsep Jack Welch, yang merupakan mantan CEO GE yang selalu berprinsip, kalau nggak nomor satu, nomor dua, kalau tidak bisa mencapainya, (nomor satu dan dua), tidak sama sekali. Dalam konsep ini, memang kita harus punya target untuk menjadi yang terbaik.

semoga tulisan ini bermanfaat ya… initinya, bagaimana kita fokus dan lakukan perbaikan serta menjadi yang terbaik…..barusan sahur dan saat ini mau sholat subuh dulu…sukses buat kita hari ini. Bismillahirrahmanirrahim…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 21, 2013, in Management and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: