Mencapai keunggulan bersaing


Mengajar....

Mengajar….

Kemaren, masih berkesempatan bertemu dengan guru saya dalam berbisnis. Guru yang mengajarkan bagaimana berbisnis benang sutera. Tidak hanya benang saja, akan tetapi juga proses bisnis nya. Value chain bisnis sutera juga diajarkan kepada saya. Sejak tahun 2006.

Pertemuan kemaren benar-benar bermakna karena memang sudah lama tidak bertemu. Sampai kerumah beliau di atas gunung. Alhamdulillah bisa sampai dan bertemu beliau.

Dalam pertemuan kemaren, beliau masih sangat fokus dengan bisnis benang sutera. Satu statement yang sangat bermakna buat saya adalah tentang keunggulan bersain. Nah lho… Itu kan kajian saya di kuliah.

Meskipun beliau tidak mempelajari konsep ini dalam akademis. Akan tetapi, jelas sekali, aplikasi konsep competitive advantage sudah beliau aplikasikan. Bagi beliau, keunggulan bersaing inilah yang bisa membuat kinerja perusahaan bagus.

Saya jadi teringat konsep ini dari kuliah. Bagaimana kita harus lebih unggul daripara pesaing. Unggul dari produk, proses bisnis, kualitas sdm sehingga bisa memberikan value yang lebih baik kepada konsumen, value dimana benefit dibagi cost.

Bagaimana dengan kita? Rasanya, konsep ini harus menjadi konsep utama yang harus dicapai oleh para entrepreneur. Guru saya berhasil dengan menerapkan konsep ini. selamat beraktivitas ya…

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 15, 2013, in Strategic Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

