TRUST


Berbagi....

Berbagi….

Kemaren, saya menghabiskan waktu setengah hari bersama orang tua angkat saya yang tinggal di Bandung. Beliau adalah seorang pebisnis yang memiliki nilai-nilai yang sangat besar dalam berbisnis. Meskipun usia beliau sudah 76 tahun, akan tetapi, semangat beliau dalam berbisnis dan membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam berbisnis tidak pernah berhenti. 

Pertemuan kemaren malah banyak berbicara bisnis dan membagikan ilmu bisnisnya kepada saya. bukannya silaturahmi bapak kepada anaknya. banyak petuah yang beliau sampaikan khususnya petuah yang berhubungan dengan bagaimana menjalankan bisnis dengan baik dan untuk jangka panjang. 

saya merasakan, inilah yang menjadi perhatian saya bagaimana membuat bisnis itu jangka panjang dan terus menghasilkan. dan ini jugalah yang selalu saya berikan pengetahuan kepada teman-teman GIMB dan juga anak didik dimanapun berada. Jangan hanya berfikir untuk membangun bisnis, akan tetapi, bagaimana membuat bisnis bisa jangka panjang. 

Salah satu pelajaran dan petuah berharga dari beliau selama membangun bisnis adalah trust. Dengan trust beliau bisa membangun bisnis sampai usia sekarang, banyak orang yang percaya beliau, bahkan beliau menjadi salah seorang pembimbin mahasisa ITB dalam meneliti. banyak hasil penelitian beliau yang sudah dibawa ke luar negeri dan mengikuti berbagai lomba bisnis. 

lalu, beliau menekankan, trust is the foreign currency of all over the world, kepercayaan itu adalah mata uang diseluruh dunia, khususnya dalam berbisnis. Inilah kunci dari segala petuah beliau kemaren. Bagaimana dengan kita selaku pebisnis dan juga karyawan? pesan ini sangat mendalam dan perlu kita jaga. Kita wajib hukumnya menjaga kepercayaan dari orang yang merupakan stakeholder kita. Ingat, stakeholder ini adalah orang yang mempengaruhi dan atau yang terpengaruh oleh setiap kebijakan dan tindakan dari bisnis kita. 

Mereka sangat mempengaruhi bisnis kita dan agar terus bisa baik, kita harus menjaga sebaik-baiknya trust dari mereka. jadi, pagi ini, saya ingin berbagi dengan teman-teman semua, marilah kita jaga trust dari orang lain karena itu adalah mata uang di seluruh dunia khususnya dalah mencapai kesuksesan dalam bisnis. 

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 14, 2013, in Management and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: