TERUS MENGINGATKAN BALANCED SCORECARD


Memberikan pelatihan

Memberikan pelatihan

Tak henti-hentinya mengingatkan para entrepreneur untuk berfikir balanced scorecard. Pola pikir yang mungkin agak berbeda pola pikir yang biasanya dari setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka setiap hari. Kenapa demikian? karena kurang terbiasa dan juga kurang pemahaman dalam bisnis itu sendiri. begitukah?

Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang saya lakukan terhadap para entrepreneur, didapatkan kesimpulan bahwa mayoritas entrepreneur belum memiliki pola pikir yang komprehensif. Komprehensif dalam konteks bisnis yang mereka jalankan. Hal inilah menjadi perhatian utama.

Apakah dampak dari pola pikir seperti itu? Pola pikir yang belum komprehensif dalam konteks bisnis tersebut. Relevansinya adalah bagaimana nantinya dengan keputusan yang dibuat oleh para entrepreneur tersebut. Keputusan bisnis yang bisa belum efektif dan efisien. Membuat bisnisnya tidak optimal.

Sebagai contoh, konteks bisnis yang dijalankan akan tidak optimal. Pada aspek pemasaran, itu harus dihubungnkan dengan keputusan di aspek keuangan. Karena pada akhirnya pemasaran tersebut akan menghasilkan total revenue dalam bisnis. inilah yang sangat penting. Penting bagi bisnis tersebut.

Demikian juga relevansinya dengan operasional bisnis kita. Internal business process dalam perusahaan sangat mempengaruhi pemasaran. Kenapa demikian? Pemasaran akan berhasila bila produk yang dihasilkan oleh proses bisnis yang berkualitas tinggi. Kualitas produk yang baik, akan membantu pemasaran dengan baik.

Yang terakhir adalah hubungannya dengan sumber daya manusia. Kenapa ada hubungannya dengan pemasaran? Sumber daya manusia yang baik, akan membuat proses bisnis baik. Proses bisnis yang baik, akan menghasilkan produk yang baik. Selanjutnya pemasaran akan berhasil

Jadi, pola pikir ini harus dimiliki oleh para entrepreneur. Kesuksesan dalam bisnis sangat ditentukan oleh pola pikir tersebut.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 7, 2013, in Balanced Scorecard and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: