KENAPA PERSPEKTIF KEUANGAN MENJADI PENTING BAGI SETIAP ENTREPRENEUR?


Tulisan 30 Juli 2013

Mengajar di PT KIA Ceramics Tbk

Mengajar di PT KIA Ceramics Tbk

Perspektif keuangan adalah kunci yang dipegang oleh para stakeholder dalam bisnis. Keuangan itu yang pertama kali dilihat oleh pemegang saham. Mereka akan menilai apakah kinerja bisnis itu baik atau tidak. Nah lho…

Menurut saya, ada beberapa pertimbangan berhubungan dengan hal ini. Pertama adalah kita kembali kepada konsep bisnis itu sendiri. konsep yang menentukan bagaimana tujuan bisnis itu adalah untuk mencapai profit. Itu yang pertama tujuan bisnis selain people dan planet.

Profit menjadi acuan utama dari setiap pebisnis dalam menjalankan aktivitas bisnis mereka. kejaran para pebisnis adalah profit. Darisinilah terlihat bagaimana perspektif keuangan itu pertama dalam BSC

Kedua, keuangan adalah kunci untuk bisnis dalam beroperasi. keuangan menjadi sumber dalam memperhatikan sustainability dari bisnis kita. tidak bisa dianggap enteng hal ini. Setiap bisnis itu relevan dengan hal ini.

Ketiga, keuangan itu akan menentukan bagaimana target daripada manajemen pemasaran dalam perusahaaan. Pemasaran akan behubungan dengan total revenue dari bisnis itu sendiri. Price x quantity adalah tugas utama dari setiap marketer dalam bisnis itu sendiri.

Kemudian, juga ada manajemen operasi yang menentukan total cost dari setiap aktivitas bisnis yang dijalankan. Manajemen operasi diharapkan mampu memberikan kontribusi cost yang minim kepada perusahaan. Tujuannya agar profit tetap naik. Jelas sekali.

Terakhir, bagiamana sumber daya manusia mampu mengurangi kontribusi terhadap biaya perusahaan. Caranya adalah dengan meningkatkan produktivitas bisnis kita sendiri. produktivitas akan mampu meminimalisir biaya yang diharapkan dari setiap aktivitas bisnis.

Inilah yang menjadi tinjauan dalam aspek bagaimana keuanganitu adalah perspektif pertama dalam balanced scorecard.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 7, 2013, in Balanced Scorecard and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: