ANTISIPASI PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS


Rabu, 31 Juli 2013

Ice Breaking dalam Pelatihan Analisis Potensi Pasar Bank BJB

Ice Breaking dalam Pelatihan Analisis Potensi Pasar Bank BJB

Salah satu lingkungan yang paling berpengaruh terhadap bisnis kita adalah lingkungan budaya daripada stakeholder kita, khususnya konsumen dari setiap produk yang kita pasarkan. Budaya menjadi faktor strategis yang mempengaruhi perilaku konsumen mereka.

Apa itu budaya? Kenapa faktor ini yang paling berpengaruh terhadap diri konsumen tersebut? jelas sekali budaya adalah faktor ekternal dari setiap konsumen. Faktor yang menentukan perilaku setiap konsumen.

Apa saja yang perlu dipahami dari budaya adalah pertama, value. Nilai yang dimiliki oleh setiap individu dan masyarakat yang menjadi target pasar kita dan juga konsumen yang sudah membeli produk kita. value inilah yang mengarahkan setiap individu tersebut. nilai baik dan benar biasanya dipandu oleh agama yang dianut oleh setiap individu.

Kedua adalah belief. Belief atau kepercayaan masyarakat harus dipahami dengan baik oleh para entrepreneur. belief terhadap setiap hal yang kita tawarkan kepada mereka adalah fondasi yaang mereka gunakan untuk membangun persepsi pada produk kita tersebut. demikian juga dengan perusahaan dimana produk kita dihasikan.

Membangun kepercayaan adalah penting dan wajib hukumnya. Kepercayaan ini berangkat dari pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan terhadap produk kita sendiri. oleh karena itu, menciptakan program-program yang bisa mempengaruhi belief mereka adalah penting.

Ketiga adalah komunikasi yang digunakan dengan stakeholder tersebut. komunikasi verbal dan non verbal sangat menentukan keberhasilan dari program pemasaran kepada stakeholder tersebut. contoh, anak muda saat ini lebih memilih komunikasi dengan menggunakan bbm, media sosial. Itulah budaya mereka.

Keempat, bahasa yang digunakan oleh masyarakat tersebut. terakhir adalah habit mereka. kebiasaan dari masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat dan harus dipahami dengan baik oleh entrepreneur.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 7, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: