INOVASI ITU HARUS BERDASARKAN PASAR


?

Mengajar di Laguboti, Sumatera Utara

Pasar….Tidak akan habis-habisnya kita membahas pasar ini. Tidak akan pernah berhenti karena kalau kita berhenti melihat pasar, maka berhenti pulalah bisnis yang kita jalankan. Kenapa demikian? kok harus seperti itu melihat pasar? apakah tidak ada sumber lain atau lingkungan bisnis yang lainnya?

Perlu dipahami bahwa pasar itu adalah konsumen potensial ataupun faktual yang sudah membeli produk kita. Itu kata kuncinya. Semua uang bisnis kita tersebut adanya di pasar. Pasar lah yang mengkonsumsi produk kita dan bahkan mereka pulalah yang menawarkan produk kita kepada orang lain. Ini lah yang menjadi alasan kenapa pasar itu memang menjadi dasar untuk setiap entrepreneur.

Lalu, apa hubungannya dengan inovasi adalah bagaimana inovasi tersebut harus bisa diterima oleh pasar. Pasarlah yang menentukan keberhasilan dari setiap entreprenerur. Demikian pula dengan produk yang mereka tawarkan kepada pasar tersebut. Tidak ada tawar menawar dalam hal ini.

Oleh karena itu, setiap inovasi itu harus mengacu kepada pasar yang kita sasar dalam bisnis. pasar itu adalah tujuan akhir dari setiap inovasi yang kita jalankan selama ini. Keberhasilan dari inovasi itu apabila inovasi tersebut bisa diterima oleh pasar yang kita sasar. Pasarlah yang menjadi konsumen atas produk yang kita tawarkan.

Sekarang, bagaimana membuat inovasi tersebut bisa diterima oleh pasar? sederhana sekali. pertama pahamilah perilaku konsumen. Perilaku ini ini berhubungan dengan bagaimana konsumen itu menentukan kebutuhan, mencari alternatif solusi,, mengevaluasi alternatif solusi, membeli, serta bagaimana perilaku setelah pembelian.

Kedua adalah bagiamana linkungan setiap konsumen atau pasar itu sendiri. Lingkungan ini sangat mempengaruhi perilaku konsumen. Ketiga adalah bagaimana need, want dan demand dari setiap konsumen itu sendiri. Hal ini akan selalu berubah. Oleh karena  itu, sebelum melakukan inovasi, pelajari perilaku setiap konsumen ini.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 6, 2013, in Creativity and Innovation and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: