BAGAIMANA MENJADI ENTREPRENEUR SUKSES


Memberikan Training

Memberikan Training

Kesuksesan seorang entrepreneur sangat ditentukan oleh lingkungan dimana mereka berbisnis. Lingkungan tersebut terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal dimana entrepreneur menjalankan bisnis mereka. Lingkungan inilah yang harus menjadi perhatian utama setiap entrepreneur. Kenapa demikian?

Lingkungan ini akan menjadi sumber kemajuan ataupun kegagalan dari setiap entrepreneur. Tentu kita perlu ingat kembali konsep entrepreneurship itu sendiri. Apa itu? kemampuan seseorang untuk melihat atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

Lalu, apa hubungannya? Hubungannya adalah bagaiman lingkungan bisnis tersebut menjadi sumber peluang bagi setiap entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnis mereka. Dasar yang menjadi perhatian utama setiap entrepreneur itu adalah peluang. Dan peluang tersebut berasal dari lingkungan bisnis kita.

Pelajaran dari berbagai entrepreneur sukses  yang seringkali menemukan peluang bisnis dari berbagai ide yang berasal dari karyawan mereka. Demikian juga dengan berbagai “kesalahan” yang dilakukan oleh karyawan mereka dalam  menjalankan bisnis tersebut. Ada pelajaran dari PT Astra Internasional yang memberikan apresiasi kepada karyawan mereka yang memberikan ide-ide inovasi kepada perusahaan.

Hal ini relevan dengan knowledge management yang meng-create pengetahuan  dengan dasar ide-ide dari karyawan. Reward ini menjadi driver untuk pengembangan pengetahuan dan menciptakan peluang bagi perbaikan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan. itu adalah contoh yang sangat berharga bagi kita sebagai entrepreneur.

Demikian pula dengan linkungan eksternal yang lebih banyak daripada lingkungan internal. Lingkungan eksternal yang terdiri dari lingkungan makro dan mikro semakin menambah peluang. sebagai contoh, adanya need, want dan demand dari setiap entrepreneur, akan menjadi sumber peluang bagi kita. inilah yang perlu menjadi perhatian dari setiap entrepreneur dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 6, 2013, in Entrepreneurship and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: