INOVASI DALAM BISNIS


Bersama Peserta Pelatihan

Bersama Peserta Pelatihan

Dalam satu visitasi yang dilakukan oleh perwakilan dari Unpad, ITB dan UPI, saya menjadi teringat bagaimana inovasi dalam bisnis. Inovasi bagi para entrepreneur dalam mengembangkan bisnis mereka setiap saat. Jelas sekali, konsep inovasi sangat relevan dengan mereka.

Kami ditantang untuk membuat sesuatu yang luar biasa dalam bisnis tersebut. sesuatu yang bisa membuat perkembangan bisnis kami menjadi sangat berkemang. Jadi, ada konsep baru dan juga berkontribusi pada perkembangan bisnis tersebut. artinya dapat diterima oleh pasar.

Dalam kesempatan saya merenung setelah mendapatkan pelajaran dari pertemuan dengan ketiga guru tersebut, saya merasakan inilah pelajaran yang berharga bagi saya sebagai entrepreneru dan juga pendidik kewirausahaan.

inovasi itu dalam konsep bisnis menjadi dasar untuk pengembangan bisnis itu sendiri dan juga produk yang kita di mata konsumen. Ada satu pesan dari profesor saya, inovasi tersebut harus dimulai dari pasar. Artinya adalah pasar itu sumber inovasi.

Untuk itu, bagaimana kita bisa melakukan inovasi tanpa memahami pasar? Tidak mungkin lah. Tidak mungkin kita bisa berinovasi tanpa mengenal pasar dengan baik. oleh karena itu, pasar harus dipahami dengan baik terlebih dahulu. Need, want dan demand mereka yang kita jadikan fondasi untuk melakukan inovasi tersebut.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 6, 2013, in Creativity and Innovation and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: