GOOD FOLLOWER


Mengajar di PT KIA Ceramics, Tbk

Mengajar di PT KIA Ceramics, Tbk

Apa enaknya menjadi seorang bawahan? Mending jadi atasa sekalian? Itulah pernyataan yang dilontarkan oleh salah seorang peserta pelatihan dalam beberapa sesi yang saya bawakan selama ini.

Capek pa meriza, kata beliau. jadi bawahan itu disuruh-suruh dan capek. Kalau salah, dimarahin oleh para atasan. Sakit hati pak. Belum lagi kalau perintah yang seringkali bertentangan satu sama lainnya. Pagi bilang A, siangnya bilang B. ngga tahan Pak.

Kondisi ini mungkin seringkali juga kita rasakan sebagai bawahan. Kondisi dimana kita merasa ngga enak dengan menjadi bawahan. Sudah seperti itu, gaji kita juga rendah. Membuat sakit hati saja. Ya, memang begitulah ketika kita menjadi seorang bawahan. Memang tidak enak menjadi bawahan tersebut.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu dipahami oleh para bawahan. Bahwa, kita tidak akan selamanya menjadi bawahan tersebut. tidak akan selamanya diperintah-perintah oleh atasan yang sama. Akan tetapi, kita akan berganti peran dengan menjadi atasan juga. Bagaimana caranya? dengan naik karir dalam jabatan tersebut.

Disinilah peran kita sebagai leader dalam bekerja. untuk menjadi leader yang baik, harus menjadi bawahan yang baik dulu. Itu kata seorang filusuf. Memang begitu hukumnya. Bila kita ingin menjadi leader yang baik, harus menjadi follower yang baik dulu. Apa artinya, banyak pelajaran yang diberikan oleh seorang leader kepada kita. caranya juga tidak hanya menyatakan, akan tetapi langsung praktek. Itu esensinya.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 4, 2013, in Leadership and Followership and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: