MEMBANGUN SUPER TEAM


Pelatihan Analisis Potensi Pasar Bank BJB, 26 - 27 Juli 2013

Pelatihan Analisis Potensi Pasar Bank BJB, 26 – 27 Juli 2013

Pengalaman kemaren sungguh dahsyat dalam perjalanan membangun bisnis dan menumbuh kembangkannya menjadi bisnis yang terus besar. Pengalaman yang tidak bisa dilupakan dan patut dishare kepada teman-teman. alangkah baiknya dishare biar mendapatkan pelajaran yang berharga juga. apa itu? pelajaran tentang membangun super team.

Meskipun sudah hari terakhir jadwal berkantor, akan tetapi, tetap harus dilakukan evaluasi atas setiap pekerjaan yang sudah dilakukan. disinilah peran manajemen yang sangat ditentukan oleh control dan evaluasi atas pekerjaan kita. banyak hal yang bisa kita lakukan dalam manajemen melalui evaluasi tersebut. karena disinilah kita bisa melihat capaian dari setiap aktivitas kita.


Berdasarkan evaluasi tersebut, dapat diketahui sebenarnya kita memiliki satu hal yang sangat mendasar. apat itu? setiap orang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, morale dan potensi yang harus terus dibongkar untuk dimanfaatkan untuk mencapai tujuan

Disinilah dasar untuk membangun super team. Untuk mencapai tujuan bisnis atau perusahaan kita, kita sangat membutuhkan super team dimana mereka rela bekerja secara optimal sesuai dengan tugas atau job desc yang mereka miliki. ini penting. karena kalau kita mengingat kembali Balanced score card, keberhasilan bisnis tesebut sangat ditentukan oleh Learning and Growth atau sumber daya manusia. dalam hal ini, kualitas setiap karyawan menjadi faktor kunci keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan.

jadi, memang dibutuhkan super team untuk mencapai tujuan perusahaan saat ini. Dalam konteks strategic management, super team ini bisa menjadi competitive advantage dari teman-teman entrepreneur. lalu, apa yang bisa dilakukan untuk membangun super team tersebut.

pertama, menentukan tujuan yang jelas dan terdefinisikan dengan baik. Tujuan ini adalah penuntun dalam melaksanakan apa yang hendak dicapai. Kedua, menentukan pembalian tugas untuk pencapaian tujuan tersebut. hal ini diawali dengan pembagian tugas dengan job description yang jelas. Ketiga, membuat job specification untuk setiap bagian atau orang yang bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Kedua hal ini (nomor 2 dan tiga) disebut dengan job design.

Keempat, melakukan analisis atas tim yang ada. hal ini dapat dilihat dari KSA atau knowledge, skill dan attitude mereka. juga berdasarkan morale dan potensi mereka. Kelima, melakukan seleksi untuk mengisi posisi yang sudah ditentukan tadi.

Keenam, menempatkan orang yang sudah dipilih pada posisi mereka dengan memberikan hak dan kewajiban mereka dalam bekerja. hal ini penting untuk memberikan wewenang kepada mereka. Ketujuh, menentukan program, anggaran dan SOP bagi mereka, agar jelas apa yang dikerjakan. selain itu, hal ini akan menjadi “amunisi” bagi setiap anggota tim dalam menjalankan program.

Terakhir, melakukan evaluasi dan kontrol atas capaian dari kerja tim tersebut. Hal ini nantinya diperlukan untuk memberikan reward dan punishment yang jelas. satu kata kunci nantinya adalah bagaimana konsep celebration bisa diterapkan bila pekerjaan atau target bisa tercapai. Hal ini akan menjadi “bahan bakar” untuk anggota tim dalam bekerja kembali.

About merizahendri

Man with skill in Entrepreneurship, strategic management,

Posted on Agustus 3, 2013, in Leadership and Followership and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: